Kepastian Pemekaran BonSel Tunggu 5 Bulan Lagi

Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan kajian rencana pemekaran Kabupaten Luwu Tengah (Luteng) dan Bone Selatan (Bonsel). Penandatanganan nota kesepakatan dengan BPS untuk evaluasi kajian pembentukan daerah otonom baru (DOB) Luteng dan Bonsel tersebut dilakukan di kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Rabu (01/06/2011). Pemprov Sulsel diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov) Andi Muallim.


“Baru penandantanganan kesepakatan dengan BPS mengevaluasi usulan pemekaran dua daerah itu. Nanti BPS turun melakukan kajian apakah bersyarat atau tidak. Ini kan baru mau turun (BPS) jadi belum ada hasil,” jelas Kepala Biro Dekonsentrasi Sekretariat Daerah (Setda) Pemprov Sulsel Halvin Gau.

Menurutnya, hasil kajian tersebut akan menjadi dasar apakah daerah bersangkutan memenuhi syarat untuk dimekarkan dari kabupaten induk. Menurutnya, kajian BPS tersebut memakan waktu hingga lima bulan lamanya.

Sesuai ketentuan perundang-undangan (UU), provinsi atau kabupaten baru yang akan dimekarkan harus memenuhi tiga syarat utama yakni teknis, administrasi dan syarat fisik.

BPS, kata Halvin, akan melakukan kajian dan meneliti syarat teknis pembentukan DOB melingkupi kondisi ekonomi, keuangan, potensi daerah, jumlah penduduk dan lainnya.

Persyaratan dan kriteria pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah diatur dalam Peraturan Pemerintah PP Nomor 129 Tahun 2000 yang direvisi menjadi PP Nomor 78 Tahun 2007 dan UU No 32 Tahun 2004.

Perjuangan pembentukan Luteng dan Bone Selatan sudah digagas selama bertahun-tahun. Sebelumnya, DPRD Bone resmi menyerahkan rekomendasi usulan pemekaran Bone Selatan ke Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, 20 Januari 2011. Deklarasi pemekaran Bone Selatan dilakukan 26 Januari 2003 bersama Komite Persiapan Bone Selatan. Rencananya, pemekaran Bone Selatan meliputi enam kecamatan di daerah selatan Bone induk yakni Kahu, Bontocani, Patimpeng, Libureng, Kajuara dan Salamekko. Sedangkan, pemekaran Luteng dari Kabupaten Luwu meliputi enam kecamatan yakni Walenrang, Walenrang Utara, Walenrang Barat, Walenrang Timur, Lamasi dan Lamasi Timur. Perjuangan pembentukan kabupaten ini sudah dimulai tujuh tahun silam.(Sumber : Tribun Timur)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: