Bone, Sinjai, Bantaeng dan Makassar Kehilangan Adipura

Empat kabupaten/ kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) gagal mempertahankan Adipura tahun 2011 ini. Daerah tersebut yakni Kota Makassar, Kabupaten Sinjai, Bone, dan Kabupaten Bantaeng.

EcoBALL

Tahun 2010 lalu, Makassar baru meraih sertifikat Adipura untuk kategori kota metropolitan. Sebelumnya, Kota Makassar gagal meraih Adipura sejak tahun 2004 silam hingga saat ini.

Sedangkan, tiga kabupaten lainnya memperoleh piala Adipura untuk kategori kota sedang dan kecil.


“Kalau pada tahun 2010 lalu, Sulsel berhasil meraih 11 anugerah piala Adipura dan dua sertifikat maka tahun 2011 ini sejumlah daerah justru lepas penghargaan yang diraih tahun lalu,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Sulsel Muhammad Tamzil di Makassar, Rabu (08/06/2011).

Tamzil menyebabkan kegagalan tersebut terjadi disebabkan kesiapan dan kemajuan daerah dalam memelihara kebersihan dan keteduhan justru mengalami degradasi.

“Faktor lain yang tak kalah pentingnya dan turut mempengaruhi adalah dinaikkannya passing grade penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup dari tahun lalu,” jelas Tamzil. Tahun ini, standar penilaian naik menjadi 74 poin dari tahun sebelumnya yang hanya 73 poin. Namun, Tamzil menjelaskan kegagalan mempertahankan penghargaan Adipura nyaris dialami sebagian besar kabupaten/ kota se-Indonesia.(Sumber : Tribun Timur)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: