Pengeboran Gas Bone Paling Lambat 2013

Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP MIGAS) menyebutkan nilai investasi untuk eksplorasi potensi gas di Kabupaten Bone, Sulsel mencapai 29 juta dollar AS. Sesuai kontrak kerja pihak Mitra Energi, Inggris, masa eksplorasi akan berlangsung selama enam tahun dan kontrak pengelolaannya selama 30 tahun.

Eksplorasi gas Bone telah berjalan sejak tahun 2010 lalu dan masih dalam tahap survei di beberapa titik di wilayah pantai timur Kabupaten Bone.

“Eksplorasi gas Bone masih dalam tahap survei oleh pihak Mitra Energi dan sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu. Sesuai kontrak kita nilai investasi untuk eksplorasi ini mencapai 29 juta dollar Amerika,” jelas Kepala Perwakilan BPMIGAS Sulawesi, Indro Purwaman Hardi usai bertemu dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Rumah Jabatan Gubernur, Kamis (9/6).


Masa survei untuk mencari potensi gas Bone oleh Mitra Energi dilakukan dalam masa tiga tahun, dan dimulai sejak 2010 lalu. Pada tahun keempat mereka akan langsung melakukan pengeboran pada titik sumber gas yang ditemukan.

Namun jika survei tersebut sudah menunjukkan potensi yang baik, maka pihak Mitra Energi tidak perlu menunggu sampai tahun keempat untuk melakukan pengeboran.
“Kita harap potensi di wilayah Bone ini tidak hanya berupa gas alam saja, tapi juga punya potensi minyak. Kita tunggu saja hasil survei mereka,” lanjutnya.

Namun menurut BP MIGAS, jika Mitra Energi dalam enam tahun tidak berhasil menemukan potensi minyak maka harus dikembalikan ke negara sesuai dengan regulasi yang ada. Nilai investasi tersebut adalah nilai awal dalam pengelolaan potensi gas. Namun jika potensi gas Bone cukup baik, maka akan dilanjutkan masa kontrak selama 30 tahun.

EcoBALL

Indro juga mengatakan kalau sistem bagi hasil, baik provinsi maupun kabupaten akan tetap mengacu pada regulasi yang ada.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, saat ini BP MIGAS baru sebatas melaporkan pelaksanaan eksplorasi potensi gas di Bone. Selain di Bumi Arung Palakka itu, Syahrul mengaku juga membahas potensi gas dan minyak di beberapa daerah lainnya, seperti Luwu, Sinjai, dan Bulukumba oleh pihak Mitra Energi dan BP MIGAS dalam pertemuan itu.
Mantan Bupati Gowa dua periode ini berharap agar survei dapat berjalan baik. ”Pemprov sendiri siap mendukung percepatan eksplorasi terhadap sejumlah daerah yang punya potensi gas dan minyak,” ujarnya. (BKM)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: